Sabtu, 19 April 2008

Gitaris Ritem !!!

Minggu lalu ketika sedang melakukan peliputan sebuah acara live untuk program tv, saya sempat Berbincang dengan salah satu gitaris dari band pengisi acara. perbincangan paling menarik pastilah seputar gitar dan tetek bengek-nya. Sampai akhirnya muncul pertanyaan saya yang di jawab, " ah saya, kan, cuma gitaris ritem mas, jadi apa yang saya pake sekarang kayaknya udah cukup..." Dan, jawaban itu juga dipaparkan dengan nada yang ditelinga saya terdengar seperti sangat merendah. Penekanannya ada pada Gitaris Ritem...

Menurut saya dalam sebuah band yg jelas2 beraliran rock dan sejenisnya,posisi gitaris ritem sangatlah penting dan sama sekali tidak tergantikan. karena sebuah komposisi musik rock di ibaratkan sebagai rumah, pattern2 ritem adlah tiang utamanya, mo contoh> Bayangkan Metalicca tanpa james hetfiled!!! Atau Megadeth tanpa Dave mustaine, Scorpions tanpa rudolf Schenker. Maka bayangkan sebuah komposisi musik cadas yang gagah itu bisa langsung sirna. Mudahnya lagi, Megadeath sekarang sudah berganti gitaris solo, tapi selama masih ada dave mustaine disana, Megadeth takkan banyak berubah. Bayangkan juga metallica, band ini sempat di tinggal James Hellfield ketika proses rekaman (cek DVD "some kind monster"). Proses rekaman pun terhenti dan menuggu James hetfiled coolling down dan mau memulai rekaman lagi. Intinya, peran seorang gitaris ritem sangat besar. Karena ritem beserta soundnya merupakan nyawa bagi sebuah komposisi musik, khususnya rock.

Dari sisi teknik permainan, Jangan pernah berfikir bahwa memainkan teknik ritem jauh lenih mudah daripada memaikan notasi solo. Kalau anda berfikir seperti itu, coba dengarkan lagu Master of pupet-nya Metallica, atau dengarkan lamb of god, killswitch, children of bodom, dan sebagainya. Semua tak bisa dengan mudah dimainkan. Contoh yg terlalu jauh dan kurang relevan ? Oke, kita kasih contoh band lokal Edane. Comot salah satu Edane yg mana saja dari album yg mana saja. Dengarkan pattern ritem Eet Syahranie disana. Sama tidak mudah BRO...

Secara sound dan equipment ? saya jadi ingat waktu melakukan peliputan ke backstage-nya Scorpion waktu konser di bandung dan jakarta. Ada pemandangan sangat ironis dan menarik menurut saya. Karena saya melihat langsung bagaimana kompleksnya sistem amplifikasi Rudolf Schenker yg notabene adalah Gitaris ritem. Sedangkan sistem Amplifikasi Mathias Jabs yang adalah gitaris Lead teryata tak serumit sang gitaris ritemnya.

Saya tidak berusaha 'Meminggirkan ' posisi gitaris lead dan meninggilkan kasta gitaris ritem. Karena sebenarnya, kasta keduanya sama. hanya, Presepsi kita selama ini saja yang sepertinya kurang lurus. Gitaris ritem Bukanlah gitaris lead yang gagal. Gitaris ritem adalah orang2 special yang memang di lahirkan untuk itu. dibekali dengan kebesaran jiwa dan talenta khusus, yang memandang sebuah lagu dari segi berbeda.

Seorang gitaris ritem yg baik adalah yang permainanbnya berakurasi tinggi dengan teknik picking yang powerfull, pemilihan sound yang tepat dan proporsional, setra grove yang memberi nyawa pada sebuah komposisi musik (khususnya Rock). Dengan gitaris ritem yang seperti ini, akan sangat mudah bagi gitaris lead untuk memainkan apa yang dia suka.

Inti dari semua ini, gitaris ritem juga memiliki tugas yg sama vitalnya dgn musisi lainnya di dalam band. Tak kalah penting dari pemain bass dan drum. juga sama pentingnya dengan gitaris lead maupun vokalis. Jadi, kalau anda adalah gitaris ritem , mari membuktikan bahwa Anda seseorang yg penting. Pelajari dan lakukan apapun yang di anggap perlu untuk membuat pola ritem anda ' didengar" dan 'dinikmati'. Anda perlu gitar2 yg sangat handal, sitem amplifikasi yg hebat dan sederet pendukung yg sangat prima.

Yakinlah bahwa Anda bermain ritem karena memang mencintainya. Bukan karena tak mampu memainkan solo. Berbesar hati dan Banggalah, karena posisi Anda layaknya posisi james hetfield di metallica. dan itu artinya, " TAK TERGANTIKAN ...!">>> (penulis Bayyin Nur;sumber artikel - protips audiopro)

Tidak ada komentar:

Fan Box - Facebook

Aldy Rock on Facebook

banner

ar banner

AldyrocK MUSIC COMING SOON!!!!

AldyrocKQuantcast

Pengunjung Blog Duma

JAM BERAPA SEKARANG ???

Tinggalkan Pesan kalian ok !!!


SILAHKAN BERI COMMENT ^O^
visitor online.

Hello My Friends !!!

Hello My Friends !!!